Subscribe:

Pages

Selasa, 05 Juli 2011

Banyak Minum Kopi Memicu Halusinasi



Satu lagi yang memperpanjang daftar efek negatif meminum kopi secara berlebihan. Sebuah penelitian mengungkapkan seseorang dengan kadar kafein berlebih bisa mendengar suara-suara gaib. Eit,, suara itu ternyata hanya halusinasi.
Beberapa orang menganggap suara itu sebagai efek kelelahan. Tapi tidak demikian dengan peneliti dari Melbourne, Australia tersebut. Menurut peneliti, terlalu banyak mengkonsumsi kopi-lah yang membuat seseorang berhalusinasi.
Professor Simon Crowe dari Universitas La Trobe mengatakan para peneliti melibatkan 92 sukarelawan dalam sebuah penelitian. Para sukarelawan diminta mendengar lagu White Chrismas secara konstan. Bila mendengar lagu itu, mereka memberi tanda dengan menekan sebuah tombol. Hasilnya, sukarelawan yang kerap minum kopi mengaku mendengar Bong Crosby menyanyikan lagu tersebut. Faktanya, lagu itu tak diputar.
"Kami tak menyertakan lagu White Christmas tapi kami menemukan banyak orang yang sangat tertekan dan mengkonsumsi banyak kafein berpikir mereka mendengar lagu itu," katanya.
Menurut Crowe, sebuah kombinasi dari kafein dan stres dapat mempengaruhi seorang individu untuk mengalami gejala gangguan mental. Tim yang berasal dari sekolah ilmu psikologi itu menemukan bahwa lima cangkir kopi sehari cukup untuk memicu penyakit itu.
Bagi Anda yang menggemari kopi, tentu jumlah sekian tidaklah masalah. Namun jika efek halusinasi sudah mengintai Anda, saatnya untuk mengurangi kegemaran Anda ini. Jumlah takaran kopi yang masih baik untuk tubuh adalah dua cangkir setiap harinya.

0 komentar:

Posting Komentar