Subscribe:

Pages

Senin, 22 Agustus 2011

Infeksi Kelenjar Air Liur

Deskripsi

Infeksi Kelenjar Air Liur merujuk pada infeksi virus atau infeksi bakteri dari kelenjar yang memproduksi air liur. Ada tiga pasang kelenjar ludah utama:
  1. Kedua terbesar adalah kelenjar parotis, satu di setiap pipi atas rahang di depan telinga. Peradangan dari satu atau lebih kelenjar ini disebut Parotitis, atau parotiditis.
  2. Dua submandibular kelenjar di bagian belakang mulut di kedua sisi rahang.
  3. Dua sublingual kelenjar di bawah lantai dari mulut.

Infeksi kelenjar ludah agak umum. Seperti infeksi virus gondok sering mempengaruhi kelenjar ludah (gondok yang paling sering menyebabkan parotiditis). Jenis infeksi ini sekarang sangat jarang terjadi pada anak-anak karena vaksin MMR.
Infeksi bakteri biasanya akibat dari obstruksi (seperti batu saluran air liur) atau miskin kesehatan gigi. Mereka dapat dilihat pada orang yang mengalami dehidrasi dan dirawat di rumah sakit.
Gejala
  • Pembengkakan pada wajah atau leher
  • Pembengkakan di depan telinga
  • Sakit di wajah atau mulut
  • Bau busuk
  • Kesulitan membuka mulut
  • Mulut kering.

Perawatan
Dalam beberapa kasus, tidak ada perawatan yang diperlukan. Jika ada nanah atau demam, atau jika infeksi diketahui atau dianggap bakteri, antibiotik kemungkinan dianjurkan dokter. Namun, antibiotik tidak efektif terhadap infeksi virus.
Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi. Jika penderita seorang perokok, berhenti merokok membantu dalam pemulihan kondisi.
Perawatan lain adalah berkumur dengan air garam yang hangat (1/2 sendok teh garam dalam satu cangkir air) dapat menenangkan dan menjaga mulut lembab.

0 komentar:

Posting Komentar